Biaya Hidup di Malaysia: Biaya Tempat Tinggal, Makan DLL!

Stefhanno Janusan

Biaya Hidup di Malaysia

Biaya Hidup di Malaysia – Biaya hidup di Malaysia merupakan topik yang menarik dan penting untuk dibahas. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan ketika menghitung biaya hidup di negara ini. Malaysia adalah negara yang indah dan penuh variasi budaya, dan biaya hidupnya dapat sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan gaya hidup individu.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya hidup Anda di Malaysia. Salah satunya adalah lokasi geografis. Biaya hidup di ibu kota Kuala Lumpur bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Malaysia.

Selain itu, pilihan tempat tinggal Anda juga berperan penting. Apakah Anda tinggal di apartemen, rumah sewa, atau komunitas perumahan yang mewah akan memengaruhi biaya bulanan Anda.

Aspek lain yang memengaruhi biaya hidup adalah gaya hidup Anda, termasuk makanan, hiburan, dan transportasi. Selain itu, status visa Anda juga dapat memengaruhi biaya hidup, karena beberapa visa mungkin memerlukan biaya tambahan, berikut wintechmobiles.id telah merangkum ulasan bagai mana Biaya Hidup di Malaysia.

Biaya Tempat Tinggal

Biaya Tempat Tinggal di Malaysia

Untuk bisa bertahan hidup di Malaysia, pastinya kamu perlu tempat untuk tinggal dan berteduh. Terdapat beberapa opsi yang bisa kamu ambil sebagai tempat tinggal selama hidup di negeri jiran yaitu asrama, bilik,  apartemen, kondominium, Guesthouse, dan homestay. Biaya hidup di Malaysia untuk tempat tinggal berkisar antara RM 60 -RM 300 atau jika dirupiahkan sekitar Rp200.000- Rp975.000.

Semakin mahal biaya tempat tinggalnya maka semakin banyak juga fasilitas yang kamu dapatkan untuk hidup disana. Jangan hanya lihat murahnya saja, tetapi juga sesuaikan dengan kebutuhanmu selama kuliah nanti. Pertimbangkan juga jarak antara kampus dengan tempat tinggal dirimu selama di Malaysia, untuk menghemat biaya transportasi.

Daftar biaya tempat tinggal di Malaysia per bulan dalam rupiah:

  • Single Bedroom: RM 90- RM 200 per bulan (Rp290.000- Rp650.000)
  • Apartemen, Kondominium: RM  100-RM 300 per bulan (Rp 325.000-Rp975.000)
  • Guesthouse, Homestay: RM 100-RM 300 per bulan (Rp 325.000-Rp975.000)

Biaya Makan

Biaya Makan 1

Selain biaya tempat tinggal, biaya makanan adalah salah satu aspek penting dalam perhitungan biaya hidup di Malaysia. Pilihan makanan Anda dapat berdampak signifikan pada anggaran bulanan Anda. Untuk makan di restoran cepat saji yang lebih terjangkau, Anda akan memerlukan sekitar RM12 atau sekitar Rp39.000 per porsi. Ini berarti biaya makan di Malaysia bisa mencapai sekitar RM900 atau sekitar Rp3.500.000 per bulan jika Anda makan di restoran secara terus-menerus.

Namun, jika Anda ingin makan di restoran cepat saji seperti McD, biayanya akan lebih tinggi, sekitar RM18 atau sekitar Rp58.500 untuk satu porsi. Selain itu, untuk secangkir kopi di Malaysia, Anda perlu merogoh kocek sekitar RM11-12 atau sekitar Rp36.000-Rp39.000. Oleh karena itu, penting untuk membatasi kunjungan Anda ke kafe jika Anda ingin hidup lebih hemat dan mengurangi biaya makanan.

Untuk mengelola anggaran makan Anda dengan bijak, pertimbangkan juga untuk memasak sendiri di rumah atau mencari restoran lokal yang menawarkan makanan yang lebih terjangkau. Dengan merencanakan makanan Anda dengan baik, Anda dapat menikmati hidup di Malaysia tanpa perlu mengorbankan anggaran keuangan Anda.

Biaya Transportasi

Biaya Transportasi di Malaysia

Biaya transportasi adalah faktor penting dalam perhitungan biaya hidup di Malaysia, terutama jika Anda merencanakan perjalanan sehari-hari atau komute ke kampus atau tempat kerja. Malaysia memiliki beragam pilihan transportasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang umum digunakan di Malaysia beserta perkiraan biayanya:

  1. Kereta Api (LRT, MRT, KTM): Malaysia memiliki jaringan kereta api yang luas dan modern di berbagai kota besar seperti Kuala Lumpur dan Penang. Harga tiket kereta api tergantung pada jarak dan lokasi tujuan. Perjalanan singkat dengan kereta LRT atau MRT biasanya dimulai dari sekitar RM1 hingga RM4, sedangkan perjalanan antarkota dengan kereta KTM bisa lebih mahal.
  2. Bus: Bus umum dan bus kota adalah pilihan transportasi yang terjangkau di Malaysia. Biaya tiket bus bervariasi tergantung pada rute dan jarak tempuh, tetapi tarif biasanya dimulai dari RM1 hingga RM4 untuk perjalanan dalam kota.
  3. Taksi: Taksi di Malaysia biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kereta api atau bus. Biaya taksi dihitung berdasarkan meter, dan biaya awal bisa sekitar RM3 hingga RM4, ditambah biaya per kilometer. Pastikan untuk menggunakan taksi yang memiliki argo yang berfungsi.
  4. Ridesharing: Layanan ridesharing seperti Grab sangat populer di Malaysia. Harga Grab tergantung pada jarak tempuh dan waktu hari. Ini bisa menjadi pilihan yang nyaman terutama jika Anda bepergian dalam kelompok.
  5. Motor: Di beberapa kota, Anda mungkin menemukan penyewaan sepeda motor harian atau mingguan. Biaya ini bervariasi tergantung pada tipe motor dan lama sewa. Hati-hati saat mengemudi di Malaysia, dan pastikan Anda memiliki izin mengemudi yang sah.
  6. Mengendarai Sendiri: Jika Anda memiliki kendaraan pribadi atau menyewa mobil, biaya bahan bakar, tol, dan perawatan kendaraan harus dimasukkan dalam perhitungan Anda. Harga bahan bakar di Malaysia relatif terjangkau.

Biaya Energi di Malaysia: Air, Listrik, dan Gas

Biaya Energi di Malaysia

Biaya energi, termasuk air, listrik, dan gas, adalah komponen penting dalam perhitungan biaya hidup di Malaysia. Berikut adalah gambaran perkiraan biaya untuk ketiga jenis energi tersebut:

  1. Air: Biaya air di Malaysia bervariasi tergantung pada lokasi tempat tinggal Anda dan konsumsi air bulanan. Di beberapa wilayah, air bisa termasuk dalam biaya sewa atau termasuk dalam biaya perumahan. Namun, jika Anda memiliki meternya sendiri, biaya air biasanya dimulai dari RM1 hingga RM3 per meter kubik, tergantung pada wilayahnya.
  2. Listrik: Biaya listrik juga sangat bervariasi tergantung pada penggunaan listrik bulanan Anda dan lokasi tempat tinggal. Tarif listrik biasanya dikenakan per kilowatt jam (kWh). Biaya listrik di Malaysia berkisar antara 21 sen hingga 37 sen per kWh, dengan tarif yang lebih rendah untuk penggunaan yang lebih tinggi. Pemakaian peralatan listrik dan penyesuaian gaya hidup Anda dapat memengaruhi biaya listrik Anda.
  3. Gas: Penggunaan gas di Malaysia umumnya terbatas pada penggunaan kompor gas. Biaya gas biasanya tergantung pada ukuran tabung gas dan frekuensi penggantian tabung. Harga tabung gas berkisar antara RM26 hingga RM30 atau lebih, tergantung pada ukurannya. Biaya ini bisa bertahan selama beberapa bulan tergantung pada seberapa sering Anda memasak dengan gas.

Tips Penghematan pada Biaya Hidup di Kuala Lumpur

Apabila Anda tinggal di Kuala Lumpur atau berencana untuk pindah ke kota ini, penting untuk mengetahui bahwa meskipun biaya hidup di Kuala Lumpur cenderung tinggi, terdapat berbagai cara untuk menghemat pengeluaran dan mengatur keuangan dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat biaya hidup di Kuala Lumpur.

1. Memilih Tempat Tinggal yang Terjangkau

Salah satu cara terbesar untuk menghemat biaya hidup di Kuala Lumpur adalah dengan memilih tempat tinggal yang terjangkau. Pilihlah tempat tinggal yang sesuai dengan anggaran Anda dan pertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, ukuran, fasilitas, dan biaya sewa. Perumahan yang dekat dengan transportasi umum dan pusat perbelanjaan dapat membantu Anda mengurangi biaya transportasi dan memudahkan akses ke kebutuhan sehari-hari.

2. Memasak di Rumah

Harga makanan di restoran di Kuala Lumpur dapat cenderung mahal, terutama jika dimakan di restoran kelas menengah atau atas. Oleh karena itu, memasak di rumah dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Carilah bahan makanan di pasar tradisional atau supermarket dengan harga terjangkau, dan buatlah menu yang variatif dan sehat. Selain menghemat uang, memasak di rumah juga memberi Anda kontrol lebih terhadap kualitas makanan yang Anda konsumsi.

3. Mencari Diskon dan Promo

Jangan ragu untuk mencari diskon dan promo saat berbelanja atau makan di Kuala Lumpur. Banyak restoran dan toko-toko sering kali menawarkan diskon khusus saat hari-hari tertentu atau menggunakan aplikasi kupon diskon. Manfaatkan pula kartu keanggotaan atau loyalty card yang dapat memberikan Anda potongan harga, poin, atau hadiah tambahan. Dengan memanfaatkan diskon dan promo ini, Anda dapat menghemat pengeluaran dan mendapatkan nilai lebih dari uang yang Anda keluarkan.

4. Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi umum di Kuala Lumpur relatif terjangkau dan dapat membantu Anda menghemat biaya transportasi. Seringkali, tiket transportasi umum satu arah lebih murah daripada biaya parkir dan bahan bakar jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, Anda juga dapat menghindari kemacetan lalu lintas dan mencari parkir yang sulit di kota sibuk ini. Pertimbangkan untuk menggunakan langganan bulanan jika Anda sering menggunakan transportasi umum agar dapat menghemat lebih banyak lagi.

5. Mengurangi Penggunaan Utilitas

Kurangi penggunaan utilitas, seperti listrik, air, dan internet, dapat membantu Anda menghemat pengeluaran bulanan. Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan dan pilihlah lampu hemat energi. Selain itu, gunakan air secara efisien dengan memperbaiki keran bocor dan membatasi waktu mandi. Anda juga dapat membandingkan paket ponsel dan layanan internet dari beberapa penyedia untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Menabung dan Berinvestasi

Untuk menghidupi gaya hidup yang bijak dan mempersiapkan masa depan keuangan Anda, penting untuk menabung dan berinvestasi. Sisihkan sebagian pendapatan Anda setiap bulan untuk ditabung, baik untuk keperluan jangka pendek maupun jangka panjang. Selain menabung, pertimbangkan juga untuk berinvestasi agar uang Anda dapat berkembang seiring waktu.

7. Mencari Hiburan Gratis atau Terjangkau

Kuala Lumpur menawarkan berbagai kegiatan dan hiburan yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Cari tahu acara-acara seni, konser, atau festival gratis yang diadakan di kota ini. Selain itu, banyak tempat wisata, taman, dan museum yang menawarkan harga tiket terjangkau atau bahkan gratis pada hari-hari tertentu. Manfaatkan juga taman-taman dan area publik lainnya untuk berolahraga dan bersantai tanpa mengeluarkan biaya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghemat biaya hidup di Kuala Lumpur dan mengatur keuangan dengan lebih bijak. Setiap keputusan pengeluaran yang Anda buat dapat berdampak pada stabilitas keuangan Anda, sehingga penting untuk mempertimbangkan dan mengelola anggaran secara bijak.

Kesimpulan

Jadi, biaya hidup di Malaysia memang boleh dibilang cukup mahal, terutama di kawasan perkotaan seperti Kuala Lumpur dan Pulau Pinang namun masih terjangkau jika di bandingkan Biaya Hidup di Amerika. Dengan perencanaan yang matang dan gaya hidup yang bijaksana, kita masih bisa hidup nyaman dan hemat di negara ini.

Selain itu, keuntungan dari harga-harga yang lebih terjangkau seperti makanan, transportasi, dan gaya hidup membuat hidup di Malaysia tetap menarik bagi banyak orang. Jadi, walaupun biaya hidup di Malaysia tidak bisa dianggap rendah, namun keindahan dan kemudahan hidup di sini tetaplah menjadi daya tarik utamanya. Jadi, jangan khawatir terlalu banyak tentang biaya hidup, mari nikmati kekayaan budaya, makanan lezat, dan suasana yang berbeda yang Malaysia tawarkan. Selamat menikmati pengalaman hidup di Malaysia!

Bagikan:

Tinggalkan komentar