Eneba

6 Cara Memperbaiki Andromax Hanya Muncul Logo Smartfren

Stefhanno Janusan

Cara Memperbaiki Andromax Hanya Muncul Logo Smartfren

Cara Memperbaiki Andromax Hanya Muncul Logo Smartfren – Andromax adalah salah satu produk smartphone yang diproduksi oleh Smartfren, sebuah operator seluler di Indonesia. Andromax memiliki banyak varian, mulai dari Andromax A, Andromax C, Andromax E, Andromax G, Andromax R, Andromax U, dan lain-lain.

Andromax menawarkan spesifikasi yang cukup baik dengan harga yang terjangkau, serta dukungan jaringan 4G LTE yang cepat dan stabil. Namun, tidak ada produk yang sempurna. Andromax juga memiliki beberapa masalah yang sering dialami oleh penggunanya, salah satunya adalah Andromax hanya muncul logo Smartfren saat dinyalakan.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada sistem operasi Android. Masalah ini juga bisa terjadi karena kesalahan saat melakukan root, flashing, atau update firmware. Andromax hanya muncul logo Smartfren tentu sangat mengganggu, karena aksesnya terkunci dan kalian tidak bisa menggunakan smartphone kalian dengan normal.

Kalian tidak bisa mengakses data, aplikasi, kontak, pesan, atau fitur lainnya di Andromax kalian. Kalian juga tidak bisa melakukan panggilan, SMS, atau internetan. Jika kalian mengalami masalah ini, jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki Andromax kalian yang hanya muncul logo Smartfren.

Penyebab Andromax Hanya Muncul Logo Smartfren

Penyebab Andromax Hanya Muncul Logo Smartfren

Ada beberapa kemungkinan penyebab yang membuat Andromax kalian hanya muncul logo Smartfren saat dinyalakan, antara lain:

  • Kerusakan pada sistem operasi Android. Ini bisa terjadi karena adanya virus, malware, aplikasi yang tidak kompatibel, atau kesalahan saat melakukan root, flashing, atau update firmware.
  • Kerusakan pada hardware. Ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada komponen internal, seperti baterai, motherboard, atau IC eMMC, yang menyebabkan Andromax tidak bisa booting dengan normal.
  • Kerusakan pada software. Ini bisa terjadi karena adanya kesalahan pada pengaturan, cache, atau data yang menyebabkan Andromax tidak bisa membaca sistem operasi dengan benar.
  • Efek root. Ini bisa terjadi karena kalian melakukan root pada Andromax kalian, yang berarti kalian memberikan akses penuh kepada sistem operasi Android. Root bisa memberikan keuntungan, seperti menghapus aplikasi bawaan, menginstal custom ROM, atau meningkatkan performa. Namun, root juga bisa memberikan resiko, seperti menghilangkan garansi, menghapus file penting, atau menyebabkan bootloop.
  • Efek install aplikasi. Ini bisa terjadi karena kalian menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau versi Android Andromax kalian. Aplikasi yang tidak kompatibel bisa menyebabkan konflik, crash, atau error pada sistem operasi Android. Selain itu, aplikasi yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya bisa mengandung virus atau malware yang bisa merusak sistem operasi Android.
  • Efek install ROM. Ini bisa terjadi karena kalian menginstal custom ROM pada Andromax kalian, yang berarti kalian mengganti sistem operasi Android bawaan dengan sistem operasi Android modifikasi. Custom ROM bisa memberikan keuntungan, seperti tampilan yang berbeda, fitur yang lebih banyak, atau performa yang lebih baik. Namun, custom ROM juga bisa memberikan resiko, seperti tidak cocok dengan hardware, mengandung bug, atau menyebabkan bootloop.

Cara Memperbaiki Andromax Hanya Muncul Logo Smartfren

cara mengatasi Andromax Bootloop

Untuk memperbaiki Andromax yang hanya muncul logo Smartfren, kalian bisa mencoba beberapa cara berikut ini, sesuai dengan penyebab yang kalian duga:

1. Restart Andromax

Restart Andromax adalah cara yang paling sederhana dan cepat untuk mengatasi masalah Andromax yang hanya muncul logo Smartfren. Restart Andromax akan mematikan dan menyalakan kembali perangkat, sehingga bisa memperbaiki beberapa kesalahan yang terjadi pada sistem operasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk restart Andromax:

  • Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik, sampai muncul menu power off.
  • Pilih opsi “Power off” dan tekan “OK” untuk mematikan Andromax.
  • Tunggu beberapa saat, lalu tekan dan tahan tombol power lagi untuk menyalakan Andromax.
  • Andromax kalian akan restart dan muncul logo Smartfren, lalu masuk ke layar utama.

2. Matikan Sementara Andromax

Matikan sementara Andromax adalah cara yang paling simpel dan tidak membutuhkan alat atau aplikasi tambahan untuk mengatasi masalah Andromax yang hanya muncul logo Smartfren.

Matikan sementara Andromax akan memberikan waktu bagi perangkat untuk mendinginkan suhu dan mengistirahatkan komponen-komponen yang bekerja. Berikut adalah langkah-langkah untuk matikan sementara Andromax:

  • Matikan Andromax kalian dengan menekan tombol power beberapa detik, atau dengan melepas baterainya.
  • Lepaskan kartu SIM dan kartu memori yang ada di dalam Andromax kalian, dan simpan di tempat yang aman.
  • Biarkan Andromax kalian dalam keadaan mati selama beberapa jam, atau semalaman jika perlu.
  • Pasang kembali kartu SIM dan kartu memori yang kalian lepas tadi, dan nyalakan Andromax kalian.
  • Andromax kalian akan restart dan muncul logo Smartfren, lalu masuk ke layar utama.

3. Clear Dalvik Cache

Clear Dalvik cache adalah cara untuk menghapus file-file yang disimpan oleh Dalvik, yaitu mesin virtual yang menjalankan aplikasi Android pada Andromax. File-file ini berisi kode yang sudah dikonversi dari format APK ke format DEX, sehingga bisa dieksekusi lebih cepat oleh Dalvik.

Namun, file-file ini juga bisa menyebabkan masalah jika tidak sesuai dengan sistem operasi atau aplikasi yang terbaru. Clear cache akan menghapus file-file ini dan membuat Dalvik menghasilkan file-file baru yang lebih optimal. Berikut adalah langkah-langkah untuk clear Dalvik cache pada Andromax:

  • Matikan Andromax kalian dengan menekan tombol power beberapa detik, atau dengan melepas baterainya.
  • Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, sampai muncul logo Smartfren.
  • Lepaskan tombol power, tetapi tetap tahan tombol volume bawah, sampai muncul menu recovery mode.
  • Gunakan tombol volume untuk memilih opsi “wipe cache partition”, dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Pilih opsi “Yes – wipe cache”, dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Tunggu proses clear Dalvik cache selesai, dan pilih opsi “reboot system now”, dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Andromax kalian akan restart dan muncul logo Smartfren, lalu masuk ke layar utama.

4. Lakukan Hard Reset

Hard reset adalah cara yang paling umum dan mudah untuk mengatasi masalah Andromax yang hanya muncul logo Smartfren. Hard reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di dalam Andromax, sehingga kalian bisa mengembalikan kondisi perangkat ke pabrikannya.

Namun, sebelum melakukan hard reset, pastikan kalian sudah membackup data penting yang ada di dalam Andromax, seperti foto, video, kontak, pesan, dan lain-lain. Kalian bisa menggunakan aplikasi backup, atau menyimpannya di komputer, flashdisk, atau cloud storage. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hard reset pada Andromax:

  • Matikan Andromax kalian dengan menekan tombol power beberapa detik, atau dengan melepas baterainya.
  • Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, sampai muncul logo Smartfren.
  • Lepaskan tombol power, tetapi tetap tahan tombol volume bawah, sampai muncul menu recovery mode.
  • Gunakan tombol volume untuk memilih opsi “wipe data/factory reset”, dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Pilih opsi “Yes – delete all user data”, dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Tunggu proses hard reset selesai, dan pilih opsi “reboot system now”, dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  • Andromax kalian akan restart dan kembali ke pengaturan awal.

5. Flash Ulang Firmware

Jika hard reset tidak berhasil, maka kalian bisa mencoba flash ulang firmware pada Andromax kalian. Flash ulang firmware adalah cara untuk menginstal ulang sistem operasi Android pada Andromax, dengan menggunakan file firmware yang sesuai dengan tipe dan versi perangkat kalian.

Namun, sebelum melakukan flash ulang firmware, pastikan kalian sudah membackup data penting yang ada di dalam Andromax, seperti foto, video, kontak, pesan, dan lain-lain. Kalian bisa menggunakan aplikasi backup, atau menyimpannya di komputer, flashdisk, atau cloud storage. Berikut adalah langkah-langkah untuk flash ulang firmware pada Andromax:

  • Download file firmware yang sesuai dengan tipe dan versi Andromax kalian. Kalian bisa mencarinya di situs resmi Smartfren, atau di forum-forum Android. Pastikan file firmware yang kalian download adalah yang terbaru dan tidak rusak.
  • Ekstrak file firmware yang kalian download, dan simpan di komputer kalian. Kalian akan mendapatkan beberapa file, seperti scatter file, preloader file, dan lain-lain.
  • Download dan instal aplikasi flash tool yang sesuai dengan chipset Andromax kalian. Biasanya, Andromax menggunakan chipset Qualcomm atau Mediatek, sehingga kalian bisa menggunakan aplikasi QPST atau SP Flash Tool.
  • Buka aplikasi flash tool yang kalian instal, dan pilih opsi “download” atau “flash”.
  • Masukkan file scatter yang kalian dapatkan dari file firmware, dan centang semua file yang ingin kalian flash.
  • Matikan Andromax kalian dengan menekan tombol power beberapa detik, atau dengan melepas baterainya.
  • Hubungkan Andromax kalian ke komputer dengan menggunakan kabel USB, dan pastikan driver Andromax terdeteksi oleh komputer.
  • Klik tombol “download” atau “flash” pada aplikasi flash tool, dan tunggu proses flash ulang firmware selesai.
  • Lepaskan kabel USB, dan nyalakan Andromax kalian. Andromax kalian akan restart dan kembali ke pengaturan awal.

6. Ganti Baterai atau IC eMMC

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar Andromax kalian mengalami kerusakan pada hardware, seperti baterai atau IC eMMC. Baterai yang rusak bisa menyebabkan Andromax tidak bisa menyala dengan normal, sedangkan IC eMMC yang rusak bisa menyebabkan Andromax tidak bisa membaca sistem operasi dengan benar.

Untuk memperbaiki kerusakan ini, kalian harus mengganti baterai atau IC eMMC yang rusak dengan yang baru. Namun, cara ini membutuhkan keahlian dan peralatan khusus, sehingga kalian harus membawa Andromax kalian ke service center resmi Smartfren, atau ke tempat service yang terpercaya.

Biaya untuk mengganti baterai atau IC eMMC bisa bervariasi, tergantung pada tipe dan kondisi Andromax kalian. Biaya ganti baterai Andromax berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 150.000, tergantung pada tipe dan kapasitas baterai. Kalian bisa membeli baterai Andromax yang original di toko-toko online, atau di service center resmi Smartfren.

Biaya ganti IC eMMC Andromax berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 450.000, tergantung pada tipe dan kapasitas IC eMMC. Kalian harus memperhatikan bahwa tidak semua tempat service bisa mengganti IC eMMC, karena membutuhkan keahlian dan peralatan khusus.

Jadi, jika kalian ingin mengganti baterai atau IC eMMC Andromax, kalian harus mempertimbangkan biaya dan resiko yang mungkin timbul. Jika biaya perbaikan melebihi harga beli Andromax, kalian mungkin lebih baik membeli Andromax yang baru, atau mengganti dengan merek lain yang lebih awet dan berkualitas.

Kesimpulan

Andromax yang hanya muncul logo Smartfren adalah masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna Andromax, dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kerusakan pada sistem operasi, hardware, atau software. Untuk memperbaiki masalah ini, kalian bisa mencoba beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas.

Namun, sebelum melakukan perbaikan, pastikan kalian sudah membackup data penting yang ada di dalam Andromax, karena perbaikan ini bisa menghapus semua data dan pengaturan yang ada di dalamnya. Jika kalian tidak yakin atau tidak bisa melakukan perbaikan sendiri, kalian bisa membawa Andromax kalian ke service center resmi Smartfren, atau ke tempat service yang terpercaya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Eneba