Eneba

4 Cara Menonaktifkan Kartu Smartfren Mudah Tanpa Repot!!

Indra Bagota

Cara Menonaktifkan Kartu Smartfren

Cara Menonaktifkan Kartu Smartfren – Smartfren merupakan salah satu provider penyedia Telekomunikasi yang dikenal memiliki jaringan luas. Sejak berinovasi dengan menghadirkan layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia 2015 lalu.

Smartfren terus memberikan layanan data yang fleksibel melalui pilihan paket data yang bervariasi melalui Andromax dan MiFi Modem. Itulah sedikit pembahasan terkait Smartfren. Nah membahas mengenai Smartfren, setiap pengguna baru yang ingin menggunakan kartu Smartfren, mereka tentu akan diwajibkan untuk mendaftarkan kartu mereka lebih dulu.

Syarat daftar kartu Smartfren ini tentu tidak berbeda dengan kartu lainnya, dimana kalian harus mempersiapkan nomor KTP dan juga KK. Ini sudah menjadi aturan wajib yang dikeluarkan oleh Kominfo. Nah bagi kalian yang mungkin ingin menonaktifkan kartu Smartfren atau Unreg, kalian tetap bisa melakukannya dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa dipilih, baik secara online maupun offline. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai cara menonaktifkan kartu Smartfren yang telah wintechmobiles.id sampaikan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Kartu Smartfren

Seperti sudah kami sampaikan diatas bahwasanya cara menonaktifkan kartu Smartfren atau Unreg ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Disamping itu ada juga beberapa metode yang bisa kalian pilih, baik secara online maupun offline. Baiklah untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial lengkap cara menonaktifkan kartu Smartfren yang sudah kami siapkan di bawah ini.

1. Cara Unreg via SMS

Untuk cara pertama yang bisa kalian pilih adalah dengan menggunakan layanan SMS. Cara ini sangat mudah dilakukan dan pastinya tidak membutuhkan waktu yang lama. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian simak di bawah ini.

  • Buka pesan singkat atau SMS yang ada di perangkat ponsel kalian
  • Ketik pesan dengan format UNREG#NomorPonsel# (Contoh: UNREG#08********700#
  • Kemudian kirim pesan ke nomor tujuan 4444
  • Tunggu balasan pesan dari Smartfren. Setelah itu kalian akan mendapat balasan pesan yang tertera informasi bahwa kartu Smartfren yang kalian unreg telah berhasil dilakukan

2. Cara Unreg via Dial Up

Cara menonaktifkan kartu Smartfren kedua bisa melalui Dial UP. Cara ini terbilang sangat praktis dan cepat. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini apabila belum mengetahui caranya.

  • Buka fitur dial dial up atau panggilan telepon yang ada di perangkat HP kalian
  • Kemudian tekan *4444# sebagai nomor tujuan pada dial up
  • Lalu tekan tombol telepon (call)
  • Setelah itu kalian akan melihat pop-up menu layanan yang akan muncul. Pilih angka 3 yakni psi UNREG karena kalian akan melakukan unreg kartu Smartfren
  • Klik kirim, lalu setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan nomor NIK kalian
  • Setelah proses di atas selesai dilakukan, akan muncul pop-up yang berisi informasi bahwa kalian telah berhasil melakukan unreg kartu Smartfren.

3. Cara Unreg via Website

Cara menonaktifkan kartu Smartfren berikutnya, kalian bisa melakukan unreg melalui website resmi Smartfren. Disini kalian bisa mengakses alamat resmi Smartfren di websitemysf.id/unreg. Akan tetapi perlu diingat bahwa situs ini hanya bisa diakses dengan menggunakan ponsel saja dan internet jaringan Smartfren. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan kartu Smartfren tersebut.

  • Pertama silahkan buka browser dan masuk ke laman mysf.id/unreg untuk membatalkan registrasi
  • Pastikan kamu mengunjungi website dengan menggunakan koneksi atau jaringan dari Smartfren
  • Masukkan data nomor NIK untuk proses selanjutnya pada laman website tersebut
  • Setelah mendapatkan notifikasi pemblokiran, pelanggan dapat melakukan registrasi ulang dengan identitas baru yang valid pada nomor baru Smartfren yang terpilih

Ada beberapa poin penting disini, kalian harus memastikan lebih dulu bahwa opsi data server di aplikasi Browser kalian dalam keadaan mati atau OFF jika memang ingin mematikannya. Bagi kalian yang belum mengerti seperti apa caranya, data server yang ingin dinonaktifkan bisa dilakukan dengan mengeklik titik tiga di pojok kanan atas halaman website di perangkat ponsel kalian.

Setelah itu, pilih Setting atau pengaturan dan pilih data server. Setelah itu kalian bisa melanjutkan untuk memasukkan data kartu SIM yang diminta apabila proses non aktif sudah selesai. Tunggu informasi yang berisi penonaktifan kartu SIM muncul dari operator. Jika penonaktifan kartu ingin dilakukan melalui alamat website my.smartfren.com, kalian bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka browser dan masuk ke laman website my.smartfren.com
  • Login dengan memasukkan email atau user ID dan kata sandi yang telah terdaftar di website Smartfren
  • Setelah berhasil login ke website Smartfren, pilih menu unreg
  • Apabila proses unreg berhasil dan selesai maka nomor telepon Smartfren kalian akan secara otomatis terblokir

4. Cara Unreg via Gerai Smartfren

Lalu untuk cara unreg yang terakhir adalah dengan mendatangi gerai Smartfren terdekat di daerah kalian. Jika kalian memiliki banyak waktu, kalian bisa menggunakan cara ini sehingga kalian bisa menanyakan beberapa poin lainnya kepada pihak CS. Ketika mendatangi gerai Smartfren, kalian hanya perlu membawa data pribadi seperti KTP dan KK saja.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai tutorial cara menonaktifkan kartu Smartfren. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat wintechmobiles.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Eneba