Eneba

12 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s, Harga Serta Spesifikasi

Stefhanno Janusan

Kelebihan dan kekurangan Samsung A21s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s – Samsung A21s adalah smartphone yang dirilis pada Juni 2020 sebagai penerus dari Samsung A21. Samsung A21s memiliki beberapa perbaikan dari pendahulunya, seperti kamera utama yang lebih baik dan baterai yang lebih besar.

Samsung A21s juga tersedia di lebih banyak negara dan pasar, termasuk Indonesia. Samsung A21s masuk ke dalam kategori smartphone kelas menengah ke bawah. Tentu smartphone ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Samsung A21s memiliki fitur-fitur yang bisa bersaing dengan smartphone kelas menengah ke atas terutama dari sisi spesifikasinya. Pada dasarnya smartphone ini cocok untuk kalian yang memiliki budget terbatas, namun tetap ingin mendapatkan produk berkualitas. 

Lalu Samsung A21s bisa menjadi pilihan alternatif bagi kalian yang tidak bisa mendapatkan smartphone karena keterbatasan biaya. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung A21s? Simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung A21s

Spesifikasi Samsung A21s

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Samsung A21s kalian perlu memahami spesifikasi yang dibawanya. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Samsung A21s yang perlu kalian perhatikan.

  • Layar: PLS TFT 6,5 inci, resolusi HD+ (1600 x 720 piksel), rasio aspek 20:9, kerapatan piksel 270 ppi
  • Chipset: Exynos 850 octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 3 GB atau 6 GB
  • Memori internal: 32 GB, 64 GB, atau 128 GB, dapat diperluas dengan microSD hingga 512 GB
  • Kamera belakang: 48 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth), fitur LED flash, panorama, HDR, video 1080p@30fps
  • Kamera depan: 13 MP (wide), fitur HDR, video 1080p@30fps
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, non-removable, fast charging 15 W
  • Sistem operasi: Android 10, One UI 2.0
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NFC, radio FM, USB Type-C 2.0
  • Dimensi: 163,7 x 75,3 x 8,9 mm
  • Berat: 192 gram
  • Warna: Black, White, Blue, Red

Kelebihan Samsung A21s

Kelebihan Samsung A21s

Samsung A21s memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi alasan untuk kalian memilih smartphone ini. Berikut adalah beberapa kelebihan Samsung A21s:

1. Kelebihan Samsung A21s Layar Besar

Salah satu kelebihan Samsung A21s adalah layarnya yang besar. Samsung A21s memiliki layar berukuran 6,5 inci yang menawarkan pengalaman menonton video, bermain game, maupun menjelajah internet menyenangkan.

Layar Samsung A21s juga memiliki bezel yang tipis dan notch berbentuk lubang di sudut kiri atas, yang membuatnya terlihat modern dan elegan. Selain itu, layar Samsung A21s juga mendukung fitur Always-On Display, yang memungkinkan kalian melihat informasi penting seperti jam, tanggal, baterai, dan notifikasi tanpa harus menyalakan layar.

2. Kelebihan Samsung A21s Memiliki Empat Kamera Belakang

Kelebihan lain dari Samsung A21s adalah kamera belakangnya. Samsung A21s memiliki empat kamera belakang, yaitu kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP.

Kamera utama 48 MP dapat menghasilkan foto yang jernih dan cerah, baik di siang maupun malam hari, berkat fitur PDAF dan Auto HDR. Kamera ultra wide 8 MP dapat menangkap gambar dengan sudut pandang yang lebih lebar, hingga 123 derajat, yang cocok untuk mengambil foto pemandangan atau kelompok.

Kamera makro 2 MP dapat mengambil foto jarak dekat dengan detail yang sangat halus, dengan fokus tetap pada jarak 4 cm. Kamera depth 2 MP dapat memberikan efek bokeh atau latar belakang yang kabur, yang membuat subyek foto tampak lebih menonjol. Selain itu, kamera belakang Samsung A21s juga dilengkapi dengan LED flash, panorama, dan video 1080p@30fps.

3. Baterai Jumbo 5000 mAh

Kelebihan berikutnya dari Samsung A21s adalah baterainya yang jumbo. Samsung A21s memiliki baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh, yang dapat bertahan lama untuk penggunaan sehari-hari. Samsung A21s dapat bertahan hingga 119 jam untuk penggunaan campuran, 35 jam untuk bicara 3G, 16 jam untuk web browsing, dan 23 jam untuk video playback.

Ini adalah salah satu nilai endurance rating tertinggi di antara smartphone lainnya. Selain itu, Samsung A21s juga mendukung fast charging 15 W, yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 30% dalam 30 menit, dan dari 0% hingga 100% dalam 2 jam 24 menit. Ini adalah fitur yang sangat berguna untuk kalian yang tidak ingin menunggu lama untuk mengisi baterai.

4. Fitur Lengkap

Samsung A21s juga memiliki fitur-fitur lengkap dan bervariasi, yang membuatnya lebih unggul dari pesaingnya. Beberapa fitur yang dimiliki Samsung A21s adalah:

  • Fingerprint scanner (rear-mounted), yang dapat membuka kunci ponsel dengan cepat dan aman dengan sidik jari kalian.
  • Face recognition, yang dapat membuka kunci ponsel dengan cepat dan mudah dengan wajah kalian.
  • NFC, yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran nirkabel, mentransfer data, atau menghubungkan dengan perangkat lain yang mendukung NFC.
  • FM radio, RDS, recording, yang dapat digunakan untuk mendengarkan siaran radio, menampilkan informasi lagu, atau merekam suara.
  • 3.5 mm jack, yang dapat digunakan untuk menghubungkan ponsel dengan earphone, headphone, atau speaker, yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik, video, atau panggilan dengan suara yang cukup keras dan jelas.
  • Bluetooth 5.0, A2DP, LE, yang dapat digunakan untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat Bluetooth lainnya, seperti earphone, speaker, atau jam tangan pintar.
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, yang dapat digunakan untuk terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia, berbagi koneksi internet, atau membuat hotspot pribadi.
  • GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, yang dapat digunakan untuk mengetahui lokasi, arah, atau jarak dengan akurat dan cepat.
  • USB Type-C 2.0, yang dapat digunakan untuk mengisi baterai, mentransfer data, atau menghubungkan dengan perangkat lain yang mendukung USB Type-C.

Dengan fitur-fitur yang lengkap dan bervariasi ini, Samsung A21s dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan kalian sebagai pengguna smartphone.

Kekurangan Samsung A21s

Kekurangan Samsung A21s

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Samsung A21s juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kalian ketahui sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa kekurangan Samsung A21s:

1. Kekurangan Samsung A21s Layar Hanya HD+

Salah satu kekurangan Samsung A21s adalah layarnya yang hanya HD+. Meskipun memiliki ukuran yang besar dan luas, layar Samsung A21s hanya memiliki resolusi 720 x 1600 piksel, yang membuatnya kurang tajam dan detail.

Layar Samsung A21s juga menggunakan panel PLS TFT, yang merupakan versi modifikasi dari IPS LCD, yang memiliki kualitas warna, kontras, dan sudut pandang yang lebih rendah dari OLED atau AMOLED. Layar Samsung A21s juga tidak dilindungi oleh lapisan anti gores, seperti Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, yang membuatnya rentan terhadap goresan atau kerusakan.

Jika kalian menginginkan layar yang lebih baik, kalian mungkin harus mempertimbangkan smartphone lain, seperti Xiaomi Redmi Note 9, yang memiliki layar IPS LCD FHD+ dengan Gorilla Glass 5, atau Realme 6, yang memiliki layar IPS LCD FHD+ dengan refresh rate 90 Hz.

2. Kamera Depan Kurang Tajam

Kekurangan lain dari Samsung A21s adalah kamera depannya yang kurang tajam. Meskipun memiliki resolusi 13 MP, kamera depan Samsung A21s tidak dapat menghasilkan foto selfie yang tajam dan detail, terutama di kondisi cahaya yang kurang.

Kamera depan Samsung A21s juga tidak memiliki fitur autofocus, yang membuatnya sulit untuk mendapatkan fokus yang tepat pada subyek. Kamera depan Samsung A21s juga tidak memiliki LED flash, yang membuatnya sulit untuk mengambil foto selfie di tempat yang gelap.

Jika kalian menginginkan kamera depan yang lebih baik, kalian mungkin harus mempertimbangkan smartphone lain, seperti Moto G8, yang memiliki kamera depan 16 MP dengan autofocus dan LED flash, atau Xiaomi Redmi Note 9, yang memiliki kamera depan 13 MP dengan HDR dan AI beautify.

3. Performa Kurang Optimal

Kekurangan berikutnya dari Samsung A21s adalah performanya yang kurang optimal. Meskipun menggunakan chipset Exynos 850 yang dibuat dengan proses 8 nm, performa Samsung A21s masih kalah dari smartphone lain yang menggunakan chipset Snapdragon 665, MediaTek Helio G80, atau MediaTek Helio G90T.

Samsung A21s juga memiliki RAM yang lebih kecil, yaitu 2/3/4/6 GB, dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki RAM 4/6/8 GB. Ini membuat Samsung A21s kurang mampu untuk menjalankan game berat atau multitasking banyak aplikasi.

Selain itu, Samsung A21s juga memiliki ROM yang lebih kecil, yaitu 32/64/128 GB, dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki ROM 64/128/256 GB. Ini membuat Samsung A21s kurang memiliki ruang untuk menyimpan file, foto, video, atau aplikasi.

Jika kalian menginginkan performa yang lebih optimal, kalian mungkin harus mempertimbangkan smartphone lain, seperti Realme 6, yang menggunakan chipset MediaTek Helio G90T, RAM 4/6/8 GB, ROM 64/128 GB, dan layar 90 Hz, atau Xiaomi Redmi Note 9, yang menggunakan chipset MediaTek Helio G85, RAM 3/4/6 GB, ROM 64/128 GB, dan layar FHD+.

4. OS Android 10 dengan One UI 2.1

Meskipun merupakan kelebihan, OS Android 10 dengan One UI 2.1 juga merupakan kekurangan dari Samsung A21s. Hal ini karena OS Android 10 dengan One UI 2.1 memiliki beberapa masalah, seperti:

  • Bloatware, yaitu aplikasi-aplikasi yang sudah terinstal sejak awal, yang tidak dapat dihapus atau dinonaktifkan, yang menghabiskan ruang penyimpanan dan memori, serta mengganggu kinerja ponsel.
  • Ads, yaitu iklan-iklan yang muncul di beberapa aplikasi bawaan Samsung, seperti Samsung Music, Samsung Health, Samsung Pay, atau Samsung Members, yang mengganggu pengalaman pengguna dan menghabiskan kuota internet.
  • Bugs, yaitu kesalahan-kesalahan yang terjadi di sistem atau aplikasi, yang menyebabkan ponsel menjadi lemot, hang, restart, atau mati sendiri, yang mengganggu kenyamanan pengguna.

Jika kalian menginginkan OS Android 10 dengan antarmuka yang lebih ringan, bersih, dan bebas dari masalah di atas, kalian mungkin harus mempertimbangkan smartphone lain, seperti Moto G8, yang menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka hampir murni, atau Realme 6, yang menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka Realme UI, yang lebih simpel dan elegan.

5. Desain yang Biasa Saja

Kekurangan terakhir dari Samsung A21s adalah desainnya yang biasa saja. Samsung A21s memiliki desain yang tidak terlalu menarik, dengan bodi yang terbuat dari plastik, yang membuatnya terlihat murah dan mudah tergores.

Samsung A21s juga memiliki warna-warna yang tidak terlalu cerah, yaitu hitam, putih, biru, dan merah, yang membuatnya terlihat monoton dan membosankan. Samsung A21s juga memiliki bobot yang cukup berat, yaitu 192 gram, yang membuatnya kurang nyaman untuk digenggam atau dibawa.

Jika kalian menginginkan desain yang lebih menarik, kalian mungkin harus mempertimbangkan smartphone lain, seperti Xiaomi Redmi Note 9, yang memiliki desain yang lebih elegan, dengan bodi yang terbuat dari kaca, warna-warna yang lebih cerah, seperti hijau, abu-abu, dan putih, dan bobot yang lebih ringan, yaitu 199 gram.

Atau kalian bisa memilih Realme 6, yang memiliki desain yang lebih futuristik, dengan bodi yang terbuat dari plastik, warna-warna yang lebih dinamis, seperti biru dan ungu, dan bobot yang lebih ringan, yaitu 191 gram.

6. Harga Samsung A21s Lebih Mahal

Harga Samsung A21s tergantung pada varian memori dan tempat pembelian. Harga Samsung A21s di Indonesia berkisar antara Rp 1,2 juta hingga Rp 2,7 juta. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda di setiap toko atau platform online.

Untuk menentukan apakah harga Samsung A21s murah atau mahal, kalian bisa membandingkan dengan smartphone lain yang memiliki spesifikasi dan fitur yang serupa. Kalian juga bisa mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran kalian saat memilih smartphone.

Samsung A21s bisa menjadi pilihan yang murah jika kalian mencari smartphone dengan layar yang luas, baterai yang tahan lama, kamera yang cukup bagus, dan memori yang besar. Namun, Samsung A21s bisa menjadi pilihan yang mahal jika kalian mengutamakan resolusi layar yang tinggi, performa yang cepat, dan desain yang ramping dan ringan.

7. Samsung A21s Tidak Anti Air

Apakah Samsung A21s anti air? Jawabannya tidak, karena tak memiliki fitur anti air yang resmi. Smartphone ini tidak memiliki sertifikat IP68 atau IP67, yang berarti tidak tahan terhadap air, debu, atau cairan lainnya.

Jika Samsung A21s kemasukan air, bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dalamnya, seperti layar, kamera, speaker, atau port. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menjaga Samsung A21s agar tidak terkena air atau cairan lainnya, dan segera mengeringkannya jika terkena air.

Kesimpulan

Kesimpulannya Samsung A21s cocok untuk kalian yang mencari smartphone dengan harga terjangkau, fitur menarik, dan baterai tahan lama. Namun, jika kalian menginginkan smartphone dengan layar, kamera, performa, OS, atau desain yang lebih baik, kalian mungkin harus mempertimbangkan smartphone lain, seperti Xiaomi Redmi Note 9, Realme 6, atau Moto G8.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Eneba