Kuota 4G Telkomsel Tidak Bisa Dipakai, Kenapa & Cara Mengatasi

Agus Darmawan

Kuota 4G Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Kuota 4G Telkomsel Tidak Bisa Dipakai – Banyak masyarakat kita yang lebih memilih menggunakan kartu Telkomsel untuk menjadi provider smartphone mereka. Alasan utamanya jelas karena Telkomsel memberikan jaringan yang luas dan punya speed internet terbaik.

Di lain sisi, dipilihnya Telkomsel menjadi provider seluler banyak masyarakat kita juga tidak terlepas dari banyaknya pilihan paket internet yang bisa mereka pilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya paket multimedia, flash, serta combo mania dan lain sebagainya.

Yang menariknya lagi, hampir semua paket internet milik Telkomsel ini sudah mendukung di hampir semua jaringan frekuensi baik itu 2G, 3G, dan 4G bahkan 5G di beberapa titik / wilayah. Meskipun begitu, tidak sedikit dari pengguna yang justru mengeluhkan beberapa hal terkait layanan internet mereka.

Salah satunya adalah kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai. Bagi kalian pengguna yang mungkin pernah / bahkan sedang mengalaminya, tidak perlu cemas. Karena disini akan wintechmobiles sampaikan beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Kuota 4G Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai memang membuat kita sebagai pengguna akan merasa kesal. Belum lagi ketika masalah tersebut datang di saat kita sedang benar-benar membutuhkan koneksi internet untuk akses berbagai informasi ataupun hal-hal lainnya.

Namun tidak bisa kita pungkiri, dengan begitu banyak pelanggan aktif yang memanfaatkan jaringan internet 4G milik Telkomsel. Kendala seperti ini memang sudah lumrah terjadi, bahkan kasus seperti ini pun tidak hanya terjadi pada provider Telkomsel saja.

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai, baik itu kesalahan kita sendiri sebagai pengguna maupun memang sedang terjadi masalah pada jaringan yang dimiliki Telkomsel.

Nah bicara tentang kenapa kuota 4G Telkomsel tidak bisa digunakan, berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab utamanya.

  1. Kuota 4G / paket data internet yang kita miliki sudah habis.
  2. Masa aktif kartu Telkomsel habis.
  3. Area tidak terjangkau oleh jaringan 4G Telkomsel.
  4. Jaringan internet 4G milik Telkomsel sedang mengalami error / sedang maintenance.
  5. Paket kuota 4G yang dimiliki merupakan paket kuota khusus.
  6. Kuota 4G yang dimiliki merupakan kuota lokal sehingga tidak bisa dipakai di luar jangkauan area aktivasi.
  7. Kendala pada hardware yang membuat penangkapan sinyal / jaringan Telkomsel lemah.
  8. Setting APN Telkomsel salah / tidak tepat.

Cara Mengatasi Kuota 4G Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Melihat banyaknya faktor penyebab kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai seperti wintech mobiles singgung di atas. Jelas disini bisa kita katakan bahwa kesalahan jaringan yang tidak bisa digunakan bukan semata karena kesalahan pihak Telkomsel itu sendiri.

Melainkan kita sebagai pengguna pun bisa lalai / salah yang menyebabkan kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai. Lantas apakah ada solusi / cara mengatasi masalah itu?.

Sebagai langkah perbaikan agar kuota 4G Telkomsel bisa digunakan kembali, berikut setidaknya beberapa langkah mudah yang patut kalian coba lakukan.

1. Cek Kuota Telkomsel

Cara paling mudah untuk memastikan penyebab kenapa kuota 4G Telkomsel tidak bisa digunakan adalah melihat sisa kuota yang kalian miliki. Pasalnya banyak pengguna yang sudah mengeluhkan jaringan tidak bisa digunakan namun saat di cek kuota memang sudah habis.

Untuk cek kuota Telkomsel sendiri tersedia banyak cara yang bisa digunakan. Nah beberapa cara tersebut antara lain seperti:

  • Melalui aplikasi MyTelkomsel dengan mengakses halaman detail paket.
  • Menggunakan kode UMB dengan mengaksesnya di *888#.
  • Melalui SMS dengan cara ketik UL [spasi] Info kirim ke 3636.

2. Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara lain yang dapat kalian pakai untuk mengatasi masalah kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai yakni memastikan masa aktif kartu Telkomsel yang digunakan masih aktif. Pasalnya kondisi kartu yang tidak aktif akan membuat paket apapun yang dimiliki tidak akan bisa dipakai.

Untuk cek masa aktif kartu Telkomsel sendiri caranya tidak berbeda jauh dengan cara cek kuota Telkomsel di atas. Kalian bisa menggunakan metode UMB di *888#, melalui aplikasi di halaman profil / detail nomor kartu & lewat asisten virtual Telkomsel di:

  • Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
  • Telegram: tsel.me/telegramVA2 
  • Situs Web: www.telkomsel.com
  • Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot

Dimana untuk melihat detail info kartu termasuk masa aktif yang ada, kalian cukup ketik Hai di kolom pesan yang disediakan kemudian Cek Pulsa. Nantinya selain info masa aktif akan tampil, detail sisa pulsa pun akan dapat kalian lihat.

3. Gunakan Kuota 4G Telkomsel di Wilayah Aktivasi

Adanya kuota lokal Telkomsel membuat kita terkadang lupa bahwa kuota tersebut memang diperuntukkan dilokasi-lokasi tertentu saja. Oleh karena itu jika memang kalian tahu bahwa kuota tersebut merupakan kuota lokal.

Maka pastikan gunakan kuota tersebut di wilayah yang telah ditentukan pada saat proses pembelian paket. Jika memang ingin menggunakan paket data Telkomsel di luar wilayah jangkauan area aktivasi, maka pilih paket nasional.

4. Pindah Lokasi Pemakaian Kuota

Meski bisa dibilang merupakan provider dengan jaringan terluas, nyatanya tidak bisa kita pungkiri masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih belum tercover. Dan bila ini adalah wilayah kalian, jelas akan membuat kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai.

Solusi mudah dan praktis ketika ingin menggunakan kuota tersebut adalah pindah lokasi penggunaan. Baik itu ke dalam kota ataupun ke tempat yang sekiranya memiliki jaringan / sinyal Telkomsel bagus dan kuat.

5. Setting APN Dengan Benar

Point penting lain yang mungkin tidak banyak pengguna ketahui adalah penerapan setting / pengaturan APN (Access Point Network) yang ada pada smartphone. Kenapa, karena terkadang setingan / pengaturan yang salah akan membuat kuota internet TSEL tidak bisa digunakan.

Untuk memastikan hal tersebut sudah benar silahkan ikuti arahan wintehcmobiles.com berikut ini untuk setting APN dengan benar baik di perangkat Android / iOS.

  • Android
    Pengaturan > Mobile Network > Access Point Names kemudian isi APN dengan ketik internet dan kosongkan bagian username serta password.
  • iOS
    Pengaturan > Cellular > Cellular Data Option > Cellular Data Network lalu isikan pengaturan APN dengan kosongkan bagian username & password.

6. Tunggu Maintenance Telkomsel

Nah solusi terakhir jika ternyata semua hal yang sudah kami sebut di atas tidak juga membuat kalian bisa mendapatkan akses kuota 4G Telkomsel. Bisa dipastikan bahwa kemungkinan sedang ada perbaikan / maintenance pada jaringan tersebut.

Mau tidak mau, apabila hal ini benar-benar terjadi maka kita harus tetap menunggu sampai benar-benar Telkomsel sudah memperbaikinya. Alternatif jika ingin menggunakan internet silahkan pakai jaringan WiFi seperti Indihome atau Biznet.

Akhir Kata

Demikian kiranya penjelasan singkat yang dapat wintechmobiles.id sampaikan terkait penyebab dan cara mengatasi kuota 4G Telkomsel tidak bisa dipakai. Semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar