Kuota Axis Tidak Bisa Digunakan: Kenapa & Cara Mengatasi

Stefhanno Janusan

Kuota Axis Tidak Bisa Digunakan

Kuota Axis Tidak Bisa Digunakan – Axis memang sudah dikenal sebagai provider yang murah dimana memberikan banyak pilihan paket dengan harga terjangkau. Terlebih terdapat berbagai jenis kuota yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya seperti paket internet Warnet, BRONET, OBOR, BOOSTR, OWSEM serta lain sebagainya. Namun cukup banyak pelanggan yang komplain kuota Axis tidak bisa digunakan sehingga mengganggu aktivitas sehari harinya.

Layaknya permasalahan Telkomsel Orbit tidak ada terbaca memang faktor yang mempengaruhinya ada banyak. Pada dasarnya setiap kuota memang memiliki syarat serta ketentuan penggunaan tersendiri. Jadi sebelum membelinya kalian memang harus cek dari sisi masa aktif, jam pemakaian bahkan sampai aplikasi tertentu yang didukung. Terlebih jika kuota bonus gratisan pastinya tak bisa digunakan selama 24 jam secara non stop.

Secara langsung Axis memang menawarkan pilihan kepada konsumen untuk membeli kuota sesuai dengan kebutuhan masing masing. Namun karena kurang teliti biasanya pelanggan merasa kecewa karena kuota yang didapatkan justru tidak bisa digunakan. Ketika kuotanya tidak bisa digunakan akses internet akan terputus sehingga sulit untuk browsing, chat, streaming maupun bermain game online.

Karena akses internet sudah jadi kebutuhan pokok maka pelanggan banyak yang merasa kecewa ketika kuota Axis tidak bisa digunakan. Banyak pertanyaan kenapa paket Aigo tidak bisa digunakan dimana dapat diselesaikan melalui beberapa langkah. Agar mempermudah kami akan memberi informasi penyebab serta bagaimana cara mengatasinya.

Kenapa Kuota Axis Tidak Bisa Digunakan?

Apabila kita teliti memang terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan kuota Axis. Paling sering karena masalah pengaturan dari smartphone dimana secara langsung mempengaruhi kartu Axis. Kemudian selain itu terdapat kesalahan koneksi dimana disebabkan karena jaringan Axis.

Masalah registrasi kartu juga sering dialami sehingga kuota tidak bisa aktif. Sebagai pengguna Axis kita sudah sewajarnya harus tahu supaya mudah dalam menyelesaikannya. Saat ada pertanyaan kenapa kuota Axis tidak bisa digunakan padahal masih banyak maka berikut beberapa penyebab utamanya.

Pengaturan APN Tidak Sesuai

Hal pertama yang jadi penyebab adalah pengaturan APN tidak sesuai sehingga tidak bisa terhubung dengan baik. Pada dasarnya Access Point Name/APN berguna sebagai penghubung antara perangkat ke jaringan Axis. Sehingga ketika pengaturannya ada yang salah maka secara otomatis akses kuota Axis tidak bisa digunakan.

Pengaturan Jaringan 4G

Lalu kenapa kuota Axis tidak bisa digunakan untuk WhatsApp ataupun internet disebabkan oleh pengaturan jaringannya. Misalnya kalian memilih jaringan 3G sebagai default dimana kuota yang dibeli merupakan 4G. Jadi secara otomatis tak dapat digunakan mengingat jaringan yang diatur masih 3G.

Tidak Mendapat Sinyal

Penyebab lainnya karena memang perangkat kalian tidak mendapatkan sinyal Axis sehingga koneksinya terganggu. Jaringan Axis memang sudah hadir diberbagai wilayah, namun ada beberapa yang tangkapan sinyalnya lemah terutama didaerah terpencil. Jadi karena sinyalnya sedikit atau bahkan hilang dapat jadi faktornya.

Pengaturan Waktu Tidak Sesuai

Berikutnya sumber permasalahannya bisa jadi karena hal yang cukup simple. Seringkali pengaturan waktu jadi penyebabnya dimana perangkat tidak mendeteksi tanggal serta jam akurat. Hal ini cukup simple namun seringkali menjadi faktor utama mengapa koneksinta tidak berjalan lancar.

Pengaturan SIM Axis

Kebanyakan perangkat smartphone masa kini memang sudah menggunakan dual SIM. Kalian perlu berhati hati dalam memasukkan kartu SIM, pastikan slot yang dipakai sesuai dengan pengaturan internet Axis. Apabila terlalu sering mengganti SIM maka pengaturannya akan berubah sehingga harus dikembalikan akses internetnya ke Axis.

Belum Registrasi

Lalu kuota Axis tidak bisa digunakan juga dapat disebabkan oleh kartu yang belum diregistrasi. Ketika kartu kalian belum registrasi maka semua aktivitas tidak bisa dilakukan. Hal ini termasuk akses kuota Axis dimana memang dibatasi dan tidak bisa digunakan. Solusinya kamu memang harus registrasi dulu dengan KTP dan juga KK.

Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Bisa Digunakan

Lantas bagaimana cara mengatasi kuota Axis tidak bisa digunakan? Kalian bisa melakukan beberapa upaya agar kuotanya bisa dipakai kembali. Kalian dapat memperbaikinya mulai dari pengaturan dari smartphone untuk memmastikan tidak ada masalah dari jaringan Axis. Kemudian pastikan juga mendapatkan sinyal memadahi agar mudah terkoneksi.

Kemudian kenapa kuota gratisan Axis tidak bisa digunakan? Bisa jadi karena pemakaiannya memang dibatasi sehingga tidak selama 24 jam bisa digunakan. Agar bisa mengatasi kuota Axis tidak bisa digunakan silahkan simak beberapa langkah dibawah ini.

1. Cara Setting APN Axis

Karena APN fungsinya penting supaya kuota bisa digunakan maka kalian wajib tahu bagaimana cara mengaturnya. Untuk mengubahkan tinggal masuk ke menu Pengaturan kemudian APN di smartphone kalian. Setelahnya isikan APN default atau standar dengan informasi sebagai berikut.

  • Name: axis
  • APN: axis
  • Username: axis
  • Password: 12345
  • APN type: default
  • APN protocol: Ipv4
  • APN roaming protocol: Ipv4
  • Enable/disable APN: APN Enabled

2. Atur ke Jaringan 4G Axis

Selanjutnya silahkan atur agar kartu SIM Axis diakses dalam jaringan 4G. Hal ini untuk memastikan bahwa kuota dapat digunakan secara maksimal. Karena sekarang seluruh paket Axis lebih optimal pada jaringan 4G maka kamu bisa melakukan perubahan pengaturan sebagai berikut.

  • Masuk Pengaturan
  • Lanjutkan masuk Jaringan Seluler
  • Kemudian pilih SIM dimana kartu Axis digunakan
  • Tekan Tipe Jaringan Prioritas
  • Silahkan memilih 4G LTE kemudian tekan OK

3. Hidup Matikan Mode Pesawat

Kadangkala permasalahan karena jaringan tak dapat ditangkap dengan baik oleh perangkat. Disini kamu bisa swipe kebawah dari atas layar kemudian tekan ikon mode pesawat untuk menghidupkannya. Tunggu beberapa saat kemudian tekan kembali mode pesawat untuk mematikannya. Disini sinyal akan kembali dicari oleh perangkat sehingga kuota Axis bisa digunakan.

4. Atur Waktu & Tanggal

Kemudian kamu bisa mengatur waktu serta tanggal di Smartphone secara otomatis supaya tidak mengalami gangguan koneksi. Langsung saja masuk ke Pengaturan kemudian tekan Tanggal & Waktu. Aktifkan Tanggal & waktu otomatis kemudian bagian Zona waktu otomatis dimana akan membuat waktunya update otomatis di smartphone.

5. Restart Perangkat

Ketika kuota Axis tidak bisa digunakan maka paling simple kalian dapat restart perangkatnya. Dengan restart maka seluruh pengaturan akan dikembalikan seperti semula. Kemudian pencarian sinyalnya akan dilakukan ulang sehingga perangkat bisa terhubung ke jaringan Axis secara optimal.

6. Melakukan Registrasi Ulang Kartu Axis

Kami pernah membahas cara mengisi kuota Telkomsel dengan voucher dimana syaratnya harus sudah registrasi kartunya. Demikian pula jika kuota Axis tidak bisa digunakan harus dipastikan registrasinya sudah dilakukan agar tidak terjadi. Untuk registrasi kartu Axis silahkan buka menu SMS kemudian ketikkan DAFTAR#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA lalu kirim ke 4444.

7. Hubungi Axis

Apabila kuota Axis tidak bisa digunakan memang sulit untuk diselesaikan kamu bisa menghubungi call center untuk meminta bantuan. Kamu juga bisa mendatangi kantor XL Center terdekat untuk menyelesaikan permasalahannya.

  • Call Center: 838
  • Email: cs@axisnet.id
  • Twitter: @ask_AXIS

Kesimpulan

Memang kuota Axis tidak bisa digunakan masih dapat teratasi menggunakan beberapa cara diatas. Jadi ketika menjumpainya silahkan cek terlebih dahulu penyebabnya kemudian ambil langkah untuk menanganinya. Sekian pembahasan wintechmobiles.id, mudah mudahan akan membantu.

Bagikan: