Eneba

8 Cara Merubah Sinyal Edge Menjadi 3G di Smartfren Andromax C

Stefhanno Janusan

Cara Merubah Sinyal Edge Menjadi 3G di Smartfren Andromax C

Cara Merubah Sinyal Edge Menjadi 3G di Smartfren Andromax C – Apakah kalian pernah mengalami masalah dengan sinyal internet di Andromax C kalian? Apakah kalian merasa kesal ketika sinyal internet kalian hanya menunjukkan huruf E yang berarti Edge? Tentunya kalian menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi dengan sinyal 3G di Andromax C.

Dapat dikatakan Andromax C merupakan seri HP lama yang masih mengandalkan sinyal 3G sebagai akses internet utamanya. Di jaman modern ini kebanyakan standar jaringan sudah menggunakan 4G bahkan 5G di beberapa wilayah Indonesia. Meski begitu jaringan 3G masih digunakan sebagian orang yang memiliki smartphone lama seperti Andromax C.

Memang sinyal 3G memiliki kecepatan internet yang jauh lebih cepat dan stabil daripada sinyal Edge. Dengan sinyal 3G, kalian bisa browsing, streaming, download, dan bermain game online dengan lancar tanpa gangguan.

Sinyal 3G juga lebih hemat baterai daripada sinyal Edge yang seringkali membuat smartphone kalian panas dan boros baterai. Lalu, bagaimana cara merubah sinyal Edge menjadi 3G di Smartfren Andromax C? Apakah kalian perlu melakukan root atau mengganti ROM?

Keuntungan Jaringan 3G Dibandingkan Edge

Keuntungan Jaringan 3G Dibandingkan Edge

Kecepatan akses internet lebih cepat dibandingkan dengan Edge. Jaringan 3G bisa mencapai kecepatan hingga 7,2 Mbps, sedangkan Edge hanya sekitar 384 Kbps. Dengan kecepatan yang lebih tinggi, kalian bisa melakukan aktivitas online yang lebih berat, seperti streaming video, gaming, atau download file besar.

Kualitas suara panggilan lebih baik dan jernih. Jaringan 3G menggunakan teknologi Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) yang mampu menghasilkan suara yang lebih bersih dan natural dibandingkan dengan teknologi Time Division Multiple Access (TDMA) yang digunakan oleh Edge. Dengan kualitas suara yang lebih baik, kalian bisa berkomunikasi dengan lebih nyaman dan efektif.

Pengguna dapat melakukan panggilan video dengan kualitas gambar yang baik. Jaringan 3G mendukung fitur panggilan video yang memungkinkan kalian untuk melihat wajah lawan bicara kalian secara langsung. 

Kualitas gambar yang ditampilkan oleh jaringan 3G juga lebih baik dibandingkan dengan Edge, karena memiliki bandwidth dan resolusi yang lebih tinggi. Dengan panggilan video, kalian bisa merasakan interaksi yang lebih dekat dan personal dengan lawan bicara kalian.

Pengguna dapat mengirim dan menerima pesan singkat dengan lebih mudah dan cepat. Jaringan 3G menggunakan teknologi Multimedia Messaging Service (MMS) yang memungkinkan kalian untuk mengirim dan menerima pesan singkat yang berisi teks, gambar, suara, atau video.

MMS memiliki kapasitas dan kemampuan yang lebih besar dibandingkan dengan Short Message Service (SMS) yang digunakan oleh Edge. Dengan MMS, kalian bisa berbagi informasi yang lebih kaya dan menarik dengan teman-teman kalian.

Cara Merubah Sinyal Edge Menjadi 3G di Smartfren Andromax C

Merubah Sinyal Edge Menjadi 3G di Smartfren Andromax C

Smartfren Andromax C memiliki fitur dual SIM card, yaitu SIM 1 untuk jaringan CDMA Smartfren dan SIM 2 untuk jaringan GSM lainnya. Berikut beberapa cara merubah sinyal Edge menjadi 3G di Smartfren Andromax C yang dapat kalian coba.

1. Cek Paket Data dan Kuota Internet

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah memastikan bahwa kalian sudah berlangganan paket data dan memiliki kuota internet yang cukup untuk menggunakan jaringan 3G. Jika kalian tidak berlangganan paket data atau kuota internet kalian habis, maka sinyal internet kalian akan otomatis turun menjadi Edge.

Untuk mengecek paket data dan kuota internet kalian, kalian bisa menghubungi operator seluler kalian atau menggunakan aplikasi yang disediakan oleh operator seluler kalian. Biasanya, kalian bisa mengetahui informasi paket data dan kuota internet kalian dengan mengirim SMS ke nomor tertentu atau mengakses situs web operator seluler kalian.

Jika kalian sudah berlangganan paket data dan memiliki kuota internet yang cukup, tapi sinyal internet kalian masih menunjukkan Edge, maka kalian bisa mencoba cara-cara berikutnya.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Silakan mengaktifkan mode pesawat di smartphone kalian. Mode pesawat adalah fitur yang bisa mematikan semua sinyal di smartphone kalian, termasuk sinyal internet.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, kalian bisa memutuskan koneksi internet kalian dengan jaringan Smartfren dan mempersiapkan smartphone kalian untuk mendapatkan sinyal 3g. Untuk mengaktifkan mode pesawat, kalian bisa menekan tombol power di smartphone kalian dan memilih opsi mode pesawat.

Atau kalian bisa menarik layar dari atas ke bawah dan menekan ikon pesawat di menu notifikasi. Setelah itu, kalian akan melihat bahwa sinyal internet kalian akan hilang dan hanya ada ikon pesawat di pojok kanan atas layar kalian.

3. Ubah Mode Jaringan ke WCDMA Only

Selanjutnya adalah mengubah mode jaringan kalian ke WCDMA Only. WCDMA adalah singkatan dari Wideband Code Division Multiple Access, yaitu jenis jaringan 3g yang digunakan oleh operator seluler GSM di Indonesia.

Dengan mengubah mode jaringan kalian ke WCDMA Only, kalian akan memaksa smartphone kalian untuk hanya menggunakan jaringan 3g dan tidak beralih ke jaringan Edge. Untuk mengubah mode jaringan kalian ke WCDMA Only, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan di smartphone kalian.
  • Pilih Jaringan Seluler atau Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM 2 atau SIM GSM yang kalian gunakan untuk internet.
  • Pilih Mode Jaringan atau Jenis Jaringan yang Disukai.
  • Pilih WCDMA Only atau 3G Only.

Setelah kalian mengubah mode jaringan kalian ke WCDMA Only, kalian bisa mengecek apakah sinyal internet kalian sudah berubah menjadi 3g atau belum. Jika sudah, maka kalian bisa menikmati internet yang lebih cepat dan stabil. Jika belum, maka kalian bisa mencoba cara-cara berikutnya.

4. Ubah APN (Access Point Name) di Andromax C

Kemudian silakan mengubah APN (Access Point Name) kalian. APN adalah nama titik akses yang digunakan oleh smartphone kalian untuk terhubung ke jaringan internet operator seluler kalian.

Jika APN kalian tidak sesuai dengan operator seluler kalian, maka sinyal internet kalian bisa terganggu atau tidak optimal. Untuk mengubah APN kalian, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan di smartphone kalian.
  • Pilih Jaringan Seluler atau Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM 2 atau SIM GSM yang kalian gunakan untuk internet.
  • Pilih Nama Titik Akses atau APN.
  • Pilih Tambah atau Tambah APN Baru.
  • Masukkan nama dan APN sesuai dengan operator seluler yaitu Smartfren atau internet
  • Simpan APN baru yang kalian buat dan pilih sebagai APN aktif.

Setelah kalian mengubah APN kalian, kalian bisa mengecek apakah sinyal internet kalian sudah berubah menjadi 3g atau belum. Jika sudah, maka kalian bisa menikmati internet yang lebih cepat dan stabil. Jika belum, maka kalian bisa mencoba cara-cara berikutnya.

5. Restart Andromax C

Cara berikutnya adalah merestart Andromax C. Restart adalah proses mematikan dan menyalakan kembali smartphone kalian. Dengan merestart smartphone kalian, kalian bisa memperbaiki beberapa masalah yang mungkin terjadi pada sistem operasi atau aplikasi smartphone kalian, termasuk masalah sinyal internet. Untuk merestart smartphone kalian, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan dan tahan tombol Power di smartphone kalian.
  • Pilih Restart atau Mulai Ulang.
  • Tunggu sampai smartphone kalian menyala kembali.

6. Dial Kode di Andromax C

Silakan membuka aplikasi dialer di smartphone kalian. Aplikasi dialer adalah aplikasi yang biasa kalian gunakan untuk melakukan panggilan telepon. Aplikasi dialer ini memiliki fungsi lain yang bisa kalian manfaatkan untuk merubah sinyal Edge menjadi 3g di Smartfren Andromax C.

Untuk membuka aplikasi dialer, kalian bisa menekan ikon telepon di layar utama smartphone kalian. Atau kalian bisa menekan tombol menu di smartphone kalian dan mencari aplikasi dialer di daftar aplikasi kalian. Lanjutkan ikuti langkah berikut.

  • Ketik *#*#4636#*#*
  • Muncul mode Testing, lanjutkan memilih Phone Information
  • Di bagian Set preferred network type silakan atur ke WCDMA Only

7. Ganti SIM Card Kalian

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengganti SIM card kalian. SIM card adalah kartu yang digunakan oleh smartphone kalian untuk terhubung ke jaringan. Silakan kalian pakai SIM GSM ataupun CDMA Smartfren baru kemudian coba untuk memastikan kerusakannya dari kartunya atau bukan.

8. Pindah ke Lokasi yang Memiliki Sinyal 3G yang Kuat

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah pindah ke lokasi yang memiliki sinyal 3g yang kuat. Sinyal internet kalian bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti jarak dari menara BTS (Base Transceiver Station), cuaca, bangunan, atau halangan lainnya.

Jika kalian berada di lokasi yang memiliki sinyal 3g yang lemah atau tidak ada, maka sinyal internet kalian akan turun menjadi Edge atau bahkan hilang sama sekali. Untuk pindah ke lokasi yang memiliki sinyal 3g yang kuat, kalian bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Cari lokasi yang tinggi, seperti lantai atas gedung, bukit, atau gunung.
  • Cari lokasi yang terbuka, seperti lapangan, taman, atau jalan raya.
  • Cari lokasi yang dekat dengan menara BTS operator seluler kalian. Kalian bisa menggunakan aplikasi peta atau kompas untuk mengetahui arah dan jarak menara BTS dari lokasi kalian.
  • Hindari lokasi yang memiliki banyak halangan, seperti gedung tinggi, pohon, atau tembok.

Kesimpulan

Demikianlah tutorial cara merubah sinyal Edge menjadi 3g di Smartfren Andromax C yang bisa kami bagikan. Cara di atas tidak memerlukan root, ROM, atau biaya tambahan. Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah di jelaskan di atas dengan teliti dan hati-hati. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Eneba