Eneba

13 Kelebihan dan Kekurangan Samsung M21

Stefhanno Janusan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M21

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M21 – Samsung M21 adalah salah satu smartphone kelas menengah yang ditawarkan oleh Samsung dengan harga terjangkau. Lantas Samsung M21 keluaran tahun berapa? Smartphone ini diluncurkan pada Maret 2020 dan merupakan varian dari Samsung M31 dan M30s.

Samsung M21 menawarkan spesifikasi yang cukup menarik, seperti layar Super AMOLED 6,4 inci yang membuat pengalaman menonton memuaskan. Selain itu baterainya besar sehingga dapat digunakan seharian penuh.

Sisi kamera Samsung M21 memang menuai review positif dan negatif. Terutama dari sisi hasil gambar kamera yang dianggap kurang maksimal. Namun, apakah Samsung M21 benar-benar layak untuk kalian beli? Apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung M21?

Kami akan membahas kelebihan dan kekurangan Samsung M21 yang dapat membantu kalian menilai kinerja dan kualitas smartphone ini. Kami akan mengulas aspek-aspek seperti desain, layar, kamera, performa, baterai, dan fitur-fitur lainnya yang dimiliki Samsung M21. Simak sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung M21

Spesifikasi Samsung M21

Sebelum membatas kelebihan dan kekurangan Samsung M21 kalian perlu tahu spesifikasinya. Samsung M21 memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk kelasnya, dengan beberapa fitur yang menarik dan unggul. Berikut adalah spesifikasi lengkap Samsung M21:

  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi: 159 x 75,1 x 8,9 mm
  • Berat: 188 gram
  • Bahan: Kaca depan (Gorilla Glass 3), plastik belakang dan bingkai
  • SIM: Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci, resolusi 1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9, 403 ppi
  • Sistem operasi: Android 10, dapat diperbarui ke Android 11, One UI 3.1 Core
  • Chipset: Exynos 9611 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Memori: 4 GB RAM + 64 GB ROM atau 6 GB RAM + 128 GB ROM, microSDXC (slot khusus)
  • Kamera belakang: 48 MP (wide) + 8 MP (ultra wide) + 5 MP (depth), LED flash, panorama, HDR, video 4K@30fps, 1080p@30fps, 720p@240fps, gyro-EIS
  • Kamera depan: 20 MP (wide), HDR, video 1080p@30fps
  • Jack audio: 3,5 mm
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • GPS: Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • NFC: Ya (tergantung pasar/wilayah)
  • Radio: FM radio, RDS, perekaman
  • USB: USB Type-C 2.0
  • Sensor: Sidik jari (belakang), akselerometer, gyro, proximity, kompas
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh, non-removable, pengisian cepat 15W
  • Warna: Midnight Blue, Raven Black
  • Harga: Sekitar Rp 2,8 juta untuk varian 4 GB RAM + 64 GB ROM, dan sekitar Rp 3,2 juta untuk varian 6 GB RAM + 128 GB ROM

Kelebihan Samsung M21

Kelebihan Samsung M21

Dari spesifikasi di atas, kita dapat melihat bahwa Samsung M21 memiliki beberapa kelebihan, seperti layar Super AMOLED yang luas dan berkualitas, baterai 6000 mAh yang tahan lama, kamera belakang 48 MP yang multifungsi, dan fitur NFC yang praktis. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Kelebihan Desain Samsung M21 Simpel dan Elegan

Samsung M21 memiliki desain yang simpel dan elegan, dengan bodi yang terbuat dari plastik polikarbonat yang kokoh dan ringan. Bagian depan smartphone ini dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 3 yang tahan goresan dan sidik jari.

Bagian belakang smartphone ini memiliki tekstur matte yang nyaman digenggam dan tidak licin. Samsung M21 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan biru. Samsung M21 memiliki dimensi 159 x 75,1 x 8,9 mm dan berat 188 gram, yang membuatnya mudah untuk dipegang dan dibawa.

Smartphone ini juga memiliki port USB-C, jack audio 3,5 mm, slot microSD, dan pemindai sidik jari di bagian belakang. Secara keseluruhan, Samsung M21 memiliki desain yang sederhana namun tetap terlihat premium dan elegan.

2. Kelebihan Layar Super AMOLED Berkualitas

Salah satu kelebihan Samsung M21 yang paling menonjol adalah layarnya. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan rasio aspek 19,5:9. Layar ini menawarkan kualitas gambar yang tajam, jernih, dan cerah, dengan warna yang kaya dan kontras yang tinggi.

Layar ini juga memiliki sudut pandang yang luas dan dapat menyesuaikan kecerahan secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya. Layar Samsung M21 juga memiliki notch berbentuk tetesan air di bagian atas yang menampung kamera depan 20 MP.

Notch ini tidak terlalu mengganggu pengalaman menonton video atau bermain game, karena masih menyisakan ruang yang cukup untuk menampilkan informasi penting seperti waktu, baterai, dan sinyal. Layar Samsung M21 juga mendukung fitur Always On Display, yang memungkinkan kalian melihat notifikasi, jam, dan tanggal tanpa harus menghidupkan layar.

3. Kelebihan Fitur Kamera Belakang Lengkap

Samsung M21 memiliki kamera belakang 48 MP dengan aperture f/2.0, yang dapat menghasilkan foto dengan detail yang baik, warna yang akurat, dan dynamic range yang lebar. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti HDR, panorama, mode malam, mode pro, dan mode hidup

Semua fitur tersebut dapat membantu kalian mengambil foto sesuai dengan keinginan kalian. Kamera ini juga dapat merekam video dengan resolusi 4K 30 fps, 1080p 30 fps, atau 720p 240 fps, dengan stabilisasi elektronik yang cukup baik.

4. Kamera Depan 20 MP Bagus untuk Selfie

Samsung M21 juga memiliki kamera depan 20 MP dengan aperture f/2.2, yang dapat menghasilkan foto selfie yang bagus, dengan detail yang cukup, warna yang natural, dan pencahayaan yang seimbang. Kamera ini juga memiliki fitur-fitur seperti HDR, mode potret, mode kecantikan, dan stiker, yang dapat membuat foto selfie kalian lebih menarik dan menyenangkan. Kamera ini juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p 30 fps atau 720p 240 fps, dengan kualitas yang lumayan.

5. Kelebihan Baterai Samsung M21

Samsung M21 memiliki baterai 6000 mAh yang merupakan salah satu baterai terbesar di kelasnya. Baterai ini dapat membuat smartphone ini bertahan hingga dua hari dengan penggunaan normal, atau sekitar 12 jam dengan penggunaan intensif. Baterai ini juga mendukung pengisian cepat 15W, yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 50% dalam waktu sekitar satu jam.

Baterai Samsung M21 juga memiliki fitur-fitur seperti mode hemat daya, mode hemat daya maksimal, dan mode hemat daya adaptif, yang dapat membantu kalian menghemat baterai dengan menyesuaikan pengaturan smartphone sesuai dengan kebiasaan kalian. Baterai Samsung M21 juga dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi baterai perangkat lain, dengan menggunakan kabel OTG.

6. Fitur NFC yang Praktis

Samsung M21 memiliki fitur NFC (Near Field Communication), yang merupakan fitur yang praktis dan berguna untuk berbagai keperluan. Fitur NFC dapat memungkinkan kalian melakukan pembayaran nirkabel, mentransfer data, atau menghubungkan perangkat dengan cepat dan mudah.

Hanya dengan mendekatkan smartphone kalian ke perangkat yang kompatibel. Fitur NFC juga dapat digunakan untuk menggunakan fitur Samsung Pay, yang merupakan layanan pembayaran digital yang aman dan nyaman.

7. Sistem Operasi Android 10 dengan One UI 2.0

Samsung M21 menjalankan sistem operasi Android 10, yang merupakan sistem operasi terbaru dari Google. Sistem operasi ini menawarkan fitur-fitur seperti mode gelap, navigasi gestur, kontrol privasi, dan lainnya, yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kalian saat menggunakan smartphone.

Sistem operasi ini juga mendukung pembaruan ke Android 11, yang merupakan sistem operasi yang lebih baru dan lebih baik. Selain itu, Samsung M21 juga menggunakan antarmuka pengguna One UI 2.0, yang merupakan antarmuka pengguna khusus dari Samsung.

Antarmuka pengguna ini menawarkan desain yang bersih, intuitif, dan ramah pengguna, dengan ikon, warna, dan font yang menarik. Antarmuka pengguna ini juga memiliki fitur-fitur seperti mode fokus, mode satu tangan, mode anak, dan lainnya, yang dapat membantu kalian mengatur dan mengoptimalkan penggunaan smartphone kalian.

Kekurangan Samsung M21

Kekurangan Samsung M21

Namun, Samsung M21 juga memiliki beberapa kelemahan, seperti chipset Exynos 9611 yang kurang optimal, layar tidak dilengkapi dengan fitur tambahan, dan baterai yang tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang cukup cepat. Selain kelebihan Samsung M21, berikut penjelasan kekurangannya.

1. Kekurangan Bentuk yang Sama Seperti Seri M Lain

Meskipun Samsung M21 memiliki desain yang simpel dan elegan, desain ini juga dapat dikatakan kurang inovatif dan monoton. Desain ini tidak banyak berbeda dengan desain smartphone Samsung lainnya, terutama dari seri M.

Desain ini juga tidak memiliki fitur yang menonjol atau unik, seperti kamera pop-up, punch-hole, atau bezel-less. Desain ini juga tidak memiliki sertifikat tahan air atau debu, yang dapat membuat smartphone ini rentan terhadap kerusakan akibat cairan atau partikel.

2. Kekurangan Samsung M21 di Bagian Layar

Meskipun Samsung M21 memiliki layar Super AMOLED yang luas dan berkualitas, layar ini tidak dilengkapi dengan fitur proteksi tambahan, seperti kaca Corning Gorilla Glass 5 atau 6, atau lapisan anti gores.

Layar ini hanya dilapisi dengan kaca Corning Gorilla Glass 3, yang merupakan kaca proteksi yang sudah cukup lama dan kurang kuat. Layar ini juga tidak memiliki fitur refresh rate tinggi, seperti 90 Hz atau 120 Hz, yang dapat membuat tampilan layar lebih halus dan responsif.

3. Samsung M21 Performanya Kurang

Meskipun Samsung M21 ditenagai oleh chipset Exynos 9611, yang merupakan chipset kelas menengah yang dibuat oleh Samsung sendiri, chipset ini juga memiliki beberapa kekurangan. Chipset ini kurang optimal dalam hal efisiensi daya, yang dapat membuat smartphone ini cepat panas dan boros baterai, terutama saat menjalankan aplikasi atau game yang berat.

Chipset ini juga kurang kompetitif dengan chipset kelas menengah lainnya, seperti Snapdragon 720G, 730G, atau 765G, yang menawarkan performa yang lebih baik, lebih hemat daya, dan lebih mendukung fitur-fitur terbaru.

4. Samsung M21 Tidak Dilengkapi Pengisian Cepat

Meskipun Samsung M21 memiliki baterai 6000 mAh yang tahan lama, baterai ini tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang cukup cepat. Baterai ini hanya mendukung pengisian cepat 15W, yang merupakan pengisian cepat yang sudah cukup lama dan kurang cepat.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Samsung M21, baterai ini membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mengisi baterai dari 0% hingga 100%, yang merupakan waktu yang cukup lama untuk ukuran baterai sebesar ini. Baterai ini juga tidak mendukung fitur pengisian nirkabel, yang merupakan fitur yang praktis dan modern.

5. Memori dan Penyimpanan Kurang Maksimal

Samsung M21 memiliki memori dan penyimpanan yang standar, dengan dua pilihan konfigurasi, yaitu 4 GB RAM + 64 GB ROM atau 6 GB RAM + 128 GB ROM. Cukup berbeda dengan merek lain yang sudah memberikan RAM 8 GB pada range harga yang sama.

Memang untuk menjalankan sosial media masih lancar namun kecepatannya masih di bawah beberapa seri mid range lain seperti Xiaomi maupun Realme. Terlebih dengan penyimpanan bawaan yang hanya 128GB di mana yang lain sudah 256 bahkan 512 GB.

6. Harga Samsung M21 Lebih Mahal

Harga Samsung M21 juga dapat dianggap mahal jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah bawah, seperti Infinix Hot 30i, realme C53, atau vivo V29, yang memiliki harga di bawah Rp 2 juta. Jika kalian menginginkan smartphone dengan performa yang lebih tinggi, kamera yang lebih baik, atau fitur-fitur terbaru, maka Samsung M21 mungkin kurang memenuhi harapan kalian.

Kesimpulan

Samsung M21 adalah smartphone kelas menengah yang menawarkan spesifikasi dan fitur yang cukup menarik. Smartphone ini memiliki kelebihan namun tetap ada kekurangannya. Kesimpulannya Samsung M21 merupakan smartphone yang cocok untuk kalian yang mencari smartphone dengan spesifikasi dan fitur yang cukup baik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Eneba